Aktivitas Kelas Mengenal Allah dari Alkitab

Hari Minggu kemarin ternyata Babang Octa terkesan dengan art and craft kelas kami yang membahas mengenai Reformasi Gereja. Sampai-sampai dipasang sebagai status WA-nya. Ada juga Tania yang melakukan hal yang sama. Bedanya kalau Babang Octa full upload foto The 5 Solas, Tania hanya menggunakan Sola Fide. Gw sih bahagia aja. Feedback sederhana begini membahagiakan buat gw. Setidaknya gw tahu bahwa tujuan aktivitas kelasnya berhasil.

Nah, kemarin disela-sela merapikan peralatan art and craft Babang Octa minta izin kalau Hari Minggu depan dia masih di luar kota untuk perjalanan dinas. Gw sedih karena gada yang bisa dimintain tolong buat perbanyak lembar aktivitas. Ahahahahah……dasar oportunis! Bukan, artinya gw tidak bisa merencanakan aktivitas kelas dadakan. Karena harus share juga dengan siapapun nantinya yang akan back up gw di kelas.

Sampai hari ini setelah gw update biodata anak kelas SMP, tercatat totalnya 79 anak. Dengan hanya 27 yang memilih untuk berliturgi dan harus mulai latihan minggu depan artinya ada 52 anak yang harus dipikirkan bagaimana supaya bisa tenang. Metode art and craft sambil dipaksa buka Alkitab cukup efektif. Maka dari kemarin gw mulai baca ayat kotbah minggu depan.

9:23 Beginilah firman TUHAN: “Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya,  janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya,  janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya,  9:24 tetapi siapa yang mau bermegah,  baiklah bermegah karena yang berikut  : bahwa ia memahami dan mengenal  Aku, bahwa Akulah TUHAN   yang menunjukkan kasih setia,   keadilan dan kebenaran  di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN.”

Yeremia 9:23-24

Menurut gw kata kunci dari ayat itu adalah bermegah karena memahami dan mengenal Allah. Hm…belajar tentang Allah menarik bukan? Karena kalimat berikutnya menunjukkan kepada sifat-sifat Allah yaitu menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran; maka mengenal sifat-sifat Allah boleh juga tuh dipelajari. Tujuan pertama gw untuk mencari referensi art and craft adalah Pinterest. Nah, gw menemukan versi Bahasa Inggrisnya. File aslinya gw dapat dari sini. Karena dalam Bahasa Inggris dan setelah gw cek  ayat-ayatnya ternyata beberapa merupakan makna tersirat, gw berinisiatif mengubahnya menjadi Bahasa Indonesia dengan tingkat kesulitan yang lebih sederhana. Maka bersyukurlah untuk Google yang membantu gw bertemu dengan Artikel Penuntun Sifat-Sifat Khas Allah dari Sabda. Sehingga gw memodifikasinya menjadi seperti ini.

Ide kegiatannya seperti ini, setiap anak akan diminta menyiapkan alat tulis dan Alkitabnya. Lalu dibagikan gunting dan kancing jepret besi yang ukurannya 12 mm. Lalu setiap anak menyimpulkan sifat-sifat ALLAH yang tertulis dari ayat-ayat rujukan yang ada. Lumayanlah ada 10 ayat yang memaksa mereka membalik Alkitabnya. Setelah itu mereka harus menuliskannya di bawah setiap ayat dalam kolom yang tersedia. Kemudian, dilanjutkan dengan menggunting kedua lingkaran dan menghias dengan pensil warna. Terakhir tugas mereka adalah menyatukan kedua lembaran kertasnya menggunakan kancing jepret di tengah-tengah lingkaran. Semoga dengan aktivitas yang cukup panjang ini, anak-anak bisa tenang sehingga 27 anak yang berliturgi bisa latihan minimal membacakan ayat-ayat liturginya. Kalau tidak selesai, bolehlah dilanjutkan lagi untuk minggu depannya.

Ada yang mau mencoba menggunakan lembar aktivitas ini? Silahkan dicoba. Kertasnya pakai A4 ya. Jangan lupa sharing bagaimana pelaksanannya ya. Bye!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.