Sekolah Minggu

TTS Alkitab Seputar Mujizat Yang Dilakukan Tuhan Yesus

Hello…… *lambaikantanganalamissuniverse*

Sebenarnya di gereja gw sih sermon GSM baru akan dimulai minggu besok ini. Tetapi karena beberapa orang tua sudah mengeluh mengapa belum juga masuk kelas dan gw juga merasa butuh bangun suasana setelah ambil me time di bulan Januari kemarin, maka jadilah gw dan beberapa teman GSM mengusulkan agar minggu besok ini anak-anak tetap masuk kelas. Untungnya Ibu Pendeta menyetujui dengan catatan tidak boleh ada yang bagi Firman karena tidak sermon.

Gw sama Babang Octa dari minggu lalu sudah sepakat untuk kegiatan tanggal 18 Februari ini anak-anak akan bermain. Tapi ya dasar gw ya, mainnya engga jauh-jauh juga dari kuis Alkitab. Biar enak ntar nembak nanya, “Jadi siapa yang sebulan kemarin saat teduhnya lancar jaya?” (sambil liat cermin)

Tadinya kepikiran mau main kuis Alkitab versi kelompok. Tapi keknya dengan melihat kemarin saja anak SMP yang datang sekitar 30 orang, kelompoknya bisa banyak sekali. Mau ala Kuis TV Rengking 1, nanti takut cepat banyak yang gugur dan akhirnya malah bikin ribut. Lagian mesti siapkan banyak kertas pula. Repot ah. Ya sudahlah, balik ke kebiasaan lama saja. Ngisi TTS!

Nah….merujuk dari buku panduan versi distrik DKI, perikop kotbah ibadah minggu itu akan bahas mengenai Yesus dielu-elukan di Yerusalem (Yohanes 12: 12-19). Sebenarnya lebih cocok untuk Minggu Palmarum ya. Untungnya dalam buku itu dituliskan bahwa kegiatan pembelajaran kelompok umur III adalah,

GSM memandu anak untuk mendaftarkan seluruh mukjizat yang dilakukan oleh Yesus Kristus. Pengenalan akan seluruh mukjizat ini diharapkan membantu anak untuk mengenali Yesus lebih dalam. Jika perlu minta masing – masing anak menyebutkan mukjizat tersebut sehingga lebih interaktif.

Ini terkait dengan ayat 18 sih yang menuliskan banyak orang ikut menyongsong kedatangan Yesus ke Yerusalem karena mendengar bahwa Ia yang membuat mukjizat itu. Ya sudah deh, bikin TTS seputar mujizat yang Tuhan Yesus lakukan saja. Gw bikinnya 4 versi demi mencegah anak-anak mencontek. Pertanyaannya sih sama saja, tetapi nomornya yang diacak. Soalnya juga hanya 15. Jadi harusnya cukuplah dalam 10 menit. Setelah itu nanti langsung periksa bersama. Gw dan Babang Octa berencana menyiapkan 3 atau 5 hadiah untuk yang nilainya tertinggi.

Membuat TTS ini memaksa gw untuk bolak-balik Kitab Injil sih. Kirain bisa hidup bebas nyontek dari Ensiklopedia Alkitab dengan kata kunci ‘mujizat’ taunya di situ g didaftarin apa saja mujizat yang Tuhan Yesus lakukan. Oh ya, di lembar pertanyaannya ada yang gw kasih clue alamat jawabannya darimana. Tentunya sih itu nanti digunakan saat anak-anak memeriksa lembar jawabannya setelah selesai mengerjakannya. Gw pengen mereka juga ber-ah….,oh… gitu ya, hmm…., aku baru denger loh; ketika menemukan hal-hal baru dalam Alkitab setelah membacanya dengan teliti. Ini tidak mencakup semua mujizat sih. Bahkan dalam pengerjaannya gw berpikir kebangkitan Kristus itu termasuk mujizat juga g sih? Haa…buka buku lagi ah!

Ada yang mau mencoba menggunakan TTS ini juga? Monggo! Kalau mau 4 versi yang berbeda silahkan tinggalkan komentar ya. Selamat mengajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.