Bible Says, Sekolah Minggu

Evaluasi Aktivitas Kelas 500 Tahun Reformasi Gereja

Hari Minggu kemarin semakin membuktikan betapa anak-anak remaja sekarang butuh dilatih melakukan hal-hal sederhana kembali. Setelah masuk kelas, gw menyapa anak-anak dengan salam dan mengumumkan bahwa hari itu kami akan bermain dengan art and craft. gw menunjuk satu anak laki-laki untuk memimpin doa pembuka. Setelah itu gw minta dia untuk memilih satu anak perempuan untuk doa penutup.

Selesai berdoa, gw tanya ke Babang Octa dimana lembaran aktivitas yang sudah diperbanyaknya. Rupanya dia meninggalkan tasnya di Ruang Ibadah Sekolah Minggu. Akibat ditunjuk dadakan baca warta jadi lupa semuanya. Ahahahahaha…. Sementara Babang Octa mengambil tasnya, gw menjelaskan kepada adik-adik bahwa kami akan belajar mengenai salah Semboyan Reformasi Gereja yang sangat terkenal. Gw memancing dengan pertanyaan: Adakah yang pernah mendengar mengenai Reformasi Gereja? Siapa tokohnya yang terkenal? Tanggal berapa biasanya diperingati? Untungnya ada anak-anak yang ikut Jambore HKBP Se-Indonesia yang tahun ini sepertinya membahas mengenai Martin Luther dan Reformasi Gereja. Jadi mereka cukup membantu, meskipun menjawab malu-malu dengan suara samar. Gw hanya menyebutkan dengan singkat bahwa Martin Luther juga aslinya seorang Katolik yang kuliah Jurusan Hukum. Namun karena selamat setelah terperangkap badai petir, dia menunaikan nazarnya untuk masuk biara. Di sana ia mendalami Alkitab dengan giat dan mulai merasa bahwa Paus saat itu mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri bukannya membangun jemaat dan gereja. Lalu gw sebutkan bahwa hari ini kita semua akan belajar mengenai Semboyan Reformasi Gereja yang digaungkan Martin Luther yang terkenal dengan istilah The 5 Solas.

Setelah itu gw dan Bang Octa membagikan lembaran aktivitas serta gunting. Setelah semua anak mendapatkan lembaran aktivitasnya, gw menjelaskan apa yang harus mereka lakukan. Pertama mereka perlu menggunting mengikuti garis tegas yang ada. Sedangkan untuk garis putus-putusnya itu penanda mereka perlu melipat mengikuti alur garisnya. Baru selesai bicara, sudah ada anak yang bilang: “Yahhhhh….” sambil menatap Bang Octa mengharap bantuan. Dia baru saja menggunting putus bagian yang harusnya dilipat. Luar biasa bukan ujian kesabaran kami?

Setelah itu gw meminta mereka merumuskan apa makna dari setiap semboyan yang ada berdasarkan ayat-ayat referensi yang tertera. Mereka harus menuliskan rumusan arti masing-masing Sola di lembaran kosong halaman sebaliknya. Setelah itu barulah gw minta mereka memulai aktivitasnya.

Babang Octa berkeliling melihat bagaimana anak-anak menggunting dan melipat hasil guntingannya. Sementara gw memanggil setiap nama anak sesuai daftar absen yang ada untuk memastikan siapa-siapa saja yang belum mengisi biodata. Beberapa anak yang sudah selesai menggunting mulai bertanya ke arah mana melipatnya. Untunglah gw sempat lihat Angel sudah hampir selesai. Gw minta dia menunjukkan hasil lipatannya kepada semua teman-temannya sebagai contoh. Dan gw melanjutkan pembagian liturgi Natal kepada anak-anak yang baru datang minggu ini.

Karena beberapa anak sudah mulai ribut melihat ada temannya yang memilih jalan pintas untuk minta bantuan dari Google, gw membantu mereka melihat satu kata yang sudah pernah kami pelajari yaitu Gratia. Mereka masih ingat artinya yaitu anugerah. Lalu gw lanjutkan dengan Scriptura. Dari ayat referensinya mereka bisa tahu arti Scriptura adalah tulisan. Gw mengarahkan mereka dengan mempertanyakan tulisan yang dimaksud disana itu tulisan apa? Beberapa anak bisa menjawab Firman Tuhan atau Alkitab. Setelah itu gw biarkan mereka melanjutkan tugasnya.

Karena waktunya masih cukup, gw membagikan pensil warna dan meminta mereka menghias kertas masing-masing. Dan kembali beberapa anak mengeluh karena merasa tidak punya selera seni untuk menghias.

Kemarin gw meluangkan waktu membaca tulisan mereka satu per satu. Hasilnya ketauan mana yang nyontek dari Google plek plek, mana yang berusaha menghubungkan dengan ayat referensinya, mana yang beneran baca Alkitabnya. Ini hasil sortiran gw dari anak-anak yang masih berusaha menggunakan referensi Ayat Alkitab yang diberikan untuk membantunya mengartikan makna tiap semboyan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.